Artikel

Artikel

Catherine Booth

Posted 07/04/2013 | 12:04

Catherine Booth (17 Januari 1829 - 4 Oktober 1890) adalah istri dari pendiri The Salvation Army Bala Keselamatan), William Booth . Ia dilahirkan sebagai Catherine Mumford di Ashbourne, Derbyshire, Inggris, putri John Mumford dan Sarah Milward. Keluarganya kemudian pindah ke Boston, Lincolnshire, dan kemudian tinggal di Brixton, London. Sejak usia dini, Catherine adalah seorang gadis yang tekun dan sensitif. Dia memiliki minat yang kuat terhadap hal-hal rohani; sebelum usia 12 tahun, ia sudah membaca habis Alkitab sebanyak 8 kali.

Pada usia 14, dia sakit parah dan menghabiskan banyak waktu di tempat tidur. Tapi dia terus menyibukkan diri dengan berbagai kegiatan, salah satunya menulis artikel di sebuah majalah tentang pengaruh buruk alkohol.

Catherinne kemudian menikah dengan William Booth, seorang pendeta Methodist pada tahun 1855. Pernikahan mereka sangat sederhana, karena mereka ingin menggunakan waktu dan uang mereka untuk pelayanan. Catherine mulai lebih aktif dalam pekerjaan gereja. Meskipun ia sangat gugup, ia menikmati pelayanannya terhadap orang-orang muda dan mulai berani berbicara dalam sidang anak-anak. Pada waktu itu, itu tidak ada kebiasaan bagi perempuan untuk berbicara dalam sidang orang dewasa. Namun Catherine yakin bahwa perempuan memiliki hak yang sama untuk berbicara (1 Kor. 14:31). Selain berbicara dalam sidang-sidang gereja, Catherine juga berbicara kepada orang-orang di rumah-rumah mereka.

Catherine Booth meninggal pada usia 61 di Crossley pada 4 Oktober 1890 dalam pelukan suaminya dengan keluarganya di sekelilingnya. Dia dimakamkan bersama suaminya di Abney Park Cemetery , London. Rumahnya kemudian disumbangkan kepada orang-orang miskin untuk tempat mereka belajar.


Fitur komentar ditutup.