Artikel

Artikel

Annie Sherwood Hawks

Posted 14/01/2013 | 12:01

Annie Sherwood Hawks lahir di Hoosick, New York pada tanggal 28 Mei 1835. Ia mulai menulis puisi sejak kecil. Di usia 14 tahun, ia sudah rutin mengirimkan puisi karyanya ke beberapa surat kabar untuk diterbitkan. Annie mencurahkan seluruh daya upayanya ke karir literatur dan pendidikan, ia menulis lebih dari 400 puisi.

Pada tahun 1859, di usia 24 tahun, ia menikah dengan Charles Hawks dan pindah dengannya ke Brooklyn, New York. Mereka kemudian melahirkan 3 anak di sana.  Karyanya tidak begitu banyak pada awalnya, sampai ia kemudian berjumpa dengan pendeta Robert Lowry, seorang penulis kidung Kristen terkenal. Sekitar tahun 1869, Robert Lowry mengetahui bakat Annie dan memberinya tantangan: “Kalau kamu menulis syair, aku akan menuliskan musiknya.” Salah satu kidung karyanya yang sangat terkenal adalah, “I need Thee every hour” (K. # 286, Ku perlu Tuhanku, tiap waktu). Annie Sherwood Hawks wafat pada 3 Januari 1918 di Bennington, Vermont , pada usia 82 tahun.

Dalam kesaksian pribadinya, Annie menulis:
“Suatu hari sebagai seorang istri berusia muda dan ibu pada usia 37 tahun, aku sibuk dengan tugas-tugas harianku. Tiba-tiba, aku diliputi perasaan dekat dengan Tuhanku, betapa aku tidak bisa hidup tanpa-Nya, entah dalam suka maupun duka, lalu kalimat “I Need Thee Every Hour” (Ku Perlu Kau Tiap Waktu) melintas dalam benakku, kalimat itu menguasai aku.”
Setelah menuliskan liriknya, Annie memberikan lirik itu kepada pendeta Robert Lowry, yang kemudian menambahkan melodi dan chorus-nya. Kidung itu pertama kali dipublikasikan di Ohio, pada bulan Nopember 1872.

Beberapa tahun kemudian setelah suaminya wafat, Annie menulis:
“Aku tak mengerti pada awalnya mengapa kidung ini begitu menyentuh hati manusia yang gelisah, sampai suatu hari aku mengalami bayang-bayang gelap menerpa jalanku, bayang-bayang kehilangan yang besar, yang membuat aku kemudian mengerti sesuatu akan kuasa penghiburan dalam syair yang kutulis dan kubagikan bagi orang lain dalam saat-saat yang manis dan penuh damai.”

K. # 286 : Damba - Bersekutu dengan Tuhan

1. Ku perlu Tuhanku, ti-ap waktu;
Lain tak selembut pelipur-Mu.

Koor :
Ku perlu, o, ku perlu, tiap sa-at ku perlu;
Tuhan, kini ku mohon, b'ri kur-nia-Mu.

2. Ku perlu hadir-Mu, ti-ap waktu;
Go-da-an tak mampu, ku dekat-Mu.

3. Biar senang, biar sayu, Kau ku perlu;
Oleh dampingan-Mu, hilang lesu.

4. Ku perlu bimbing-Mu, ti-ap waktu;
Dan berkat janji-Mu, genap s'luruh.

5. Ku perlu Sang Kudus, ti-ap waktu;
Semata milik-Mu, akrab d'ngan-mu.


Fitur komentar ditutup.